Selasa, 16 Juni 2009


NUTRISI UNTUK PENYEMBUHAN LUKA PADA PASIEN POST OPERASI




Oleh :



Pratiwi Ari Hendrawati
Dewi Suryandari
Yeni Kurniawati
Wahyu Wiyono
Rizal El-fata














PROGRAM PROFESI NERS
FAKULTAS ILMU KESEHATAN
UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SURAKARTA
2009

luka adalah hilang atau rusaknya sebagian jaringan tubuh. Keadaan ini dapat disebabkan oleh trauma benda tajam atau tumpul, atau perubahan suhu, zat kimia, ledakan, sengatan llistrik atau gigitan hewan,


Zat gizi/ nutrien peningkat imunitas.
Nutrisi akan mempengaruhi penyembuhan luka karena untuk proses penyembuhan luka diperlukan bantuan vitamin dan zat lain dalam tubuh yaitu protein, vitamin.

Protein
Manfaat protein
 Mempercepat penyembuhan luka
 Bahan dasar pembentuk sel-sel dan jaringan tubuh
 Baik untuk sistem pencernaan
 Memperkuat daya tahan tubuh
 Sebagai pemeliharaan, pertumbuhan dan perbaikan jaringan tubuh
Sumber protein:
Telur, ikan, kerang, daging tanpa kulit, susu ,keju, kedelai, kacang hijau, pisang, kangkung, beras merah, ebi, kecambah, gandum,nasi, jagung, kacang panjang, kacang polong, buncis.

Vitamin
1. Vitamin A (Retinol)
Fungsi: Membantu pertahanan jaringan tubuh, serta jaringan kulit dan rambut yang sehat. Membantu fungsi mata. Sumber: hati, jeruk, wortel, brokoli, bayam, ubi kayu, keju, susu, dan produk margarin yang diperkaya vitamin A.
2. Vitamin D3 (Cholecalciferol)
Fungsi: Membantu mengatur metabolisme kalsium dan penyerapannya ke dalam tulang. Disebut pula sebagai “sunshine vitamin” karena terproses secara optimal pada saat kulit manusia terkena sinar ultraviolet matahari. Sumber: produk-produk susu yang diperkaya vitamin D, ikan tuna, salmon, dan minyak ikan cod.
3. Vitamin E (D-Alpha-Tocopherol)
Fungsi: Sebagai antioksidan untuk mencegah kerusakan sel-sel dalam tubuh. Sumber: minyak sayur, kacang-kacangan, biji-bijian, ikan, gandum, dan sayur hijau.
4. Vitamin K (Phylloqinose)
Fungsi: Perlu untuk membantu menjaga tingkat kekentalan darah normal. Sumber: sayur mayur berwarna hijau
5. Vitamin B1 (Thiamin)
Fungsi: Membantu pelepasan energi dari karbohidrat pada proses metabolisme. Penting bagi kesehatan syaraf dan otot termasuk jantung. Membantu mencegah rasa capek. Sumber: gandum, kedelai, biji bunga matahari, kacang-kacangan.
6. Vitamin B2 (Riboflavin)
Fungsi: Membantu tubuh dalam proses metabolisme karbohidrat, lemak, dan protein menjadi sumber energi. Membantu fungsi penglihatan, Penting juga untuk pertumbuhan sel-sel secara normal. Sumber: hati, daging ayam, ragi, ikan, kedelai, kacang-kacangan, biji bunga matahari, keju, telur, yogurt, susu, gandum, sayur hijau, rumput laut.
7. Vitamin B3 (Niacin, Nicotinamide)
Fungsi: Membantu proses metabolisme energi. Penting untuk kesehatan kulit dan jaringan pencernaan. Sumber: hati, ayam, ikan, kacang-kacangan, ragi, kedelai, buah-buahan, sayur hijau, gandum, susu, telur.
8. Vitamin B5 (Pantothenic Acid)
Fungsi: Penting untuk kesehatan kulit dan syaraf. Sumber: Kacang-kacangan, kedelai, biji-bijian, sayuran berwarna hijau gelap, daging ayam, buah-buahan, susu, dan royal jelly.
9. Vitamin B6 (Pyridoxine)
Fungsi: Membantu protein membentuk jaringan otot dan proses metabolisme lemak. Membantu proses produksi sel darah merah dan mengatur keseimbangan cairan tubuh. Sumber: Biji bunga matahari, kedelai, daging ayam, hati, telur, kacang-kacangan, sayur hijau, pisang, dan buah-buahan lainnya.
10. Vitamin B12 (Cyanocobalamin)
Fungsi: Penting dalam pembentukan sel darah merah. Menstimulasi pertumbuhan pada anak. Membantu kinerja fungsi sistem syaraf serta proses metabolisme protein dan lemak dalam tubuh.
Sumber: Protein hewani seperti daging, ikan, kerang, ayam, juga susu, yogurt, dan telur.
11. Vitamin C (Ascorbic Acid)
Fungsi: Sangat penting bagi optimasi jaringan konektif yang ada pada kulit, tulang rawan, tulang, dan gigi. Membantu proses penyembuhan luka. Merupakan antioksidan yang ampuh. Merangsang sistem kekebalan tubuh. Dan membantu penyerapan mineral besi. Sumber: buah-buahan yang memiliki rasa asam (citrus), beri, melon, sayuran berwarna hijau gelap, tomat, kentang

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar